Cara Promosi Website dan Meningkatkan Trafik Website

Promosi website merupakan gabungan berbagai teknik dan strategi yang berbeda untuk meningkatkan kualitas kunjungan ke website Anda, yang terlihat dari meningkatnya rata-rata lamanya pengunjung berada di website Anda, serta semakin banyak pengunjung yang melakukan transaksi ataupun yang mengunduh file dari website Anda. Kunjungan yang tidak berkualitas misalnya pengunjung yang langsung meninggalkan website Anda. Teknik dan strategi promosi website mencakup peringkat website Anda pada hasil pencarian, pembuatan artikel dan tautan, memasang iklan banner, classified ads atau iklan baris, opt-in email, email pribadi, forum atau grup diskusi, website jejaring sosial, program afiliasi, google adwords, dan lain-lain.


Promosi website merupakan bagian yang tidak terpisah dengan tahap perencanaan dan pembuatan website. Promosi website harus dipikirkan sejak tahap perencanaan. Apa yang website Anda tawarkan? Siapa target pengunjung website Anda? Kata kunci apa yang mereka pakai untuk menemukan website Anda? Hal-hal tersebut adalah landasan yang harus Anda bangun dengan benar agar promosi website Anda berjalan dengan lancar.

Sewaktu mempromosikan website, Anda harus menggunakan squeeze page agar Anda bisa mendapatkan nama dan alamat email pengunjung website Anda. Dengan memiliki daftar email (email list), maka Anda bisa membangun hubungan secara terus menerus dengan para pelanggan (subscriber) Anda dan melakukan komunikasi untuk tujuan pemasaran produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Kalau Anda belum tahu apa itu squeeze page dan bagaimana cara membuat squeeze page, silahkan baca tulisan di blog saya yang berjudul Apa itu Squeeze Page.

Peringkat Website pada Hasil Pencarian
Penjelasannya sederhana saja: Anda harus berada di halaman pertama atau paling tidak di halaman kedua hasil pencarian kata kunci yang telah Anda pakai. Bagaimana target pengunjung bisa mengetahui keberadaan website Anda kalau website Anda berada di halaman ketiga dan seterusnya. Website Anda dianggap tidak ada apabila website Anda berada di halaman hasil pencarian yang ke-3, 4, 5, dan seterusnya. Untuk itu, Anda harus menggunakan teknik optimisasi mesin pencari (SEO), Anda bisa mempelajarinya di bagian Teknik SEO. Selain itu, setelah Anda meng-upload file website Anda ke web host, Anda dapat mendaftarkan website Anda ke berbagai mesin pencari supaya mesin pencari bisa dengan cepat mengetahui keberadaan website Anda. Ada beberapa website yang menyediakan layanan pendaftaran website atau istilah teknisnya URL (Uniform Resource Locator) ke berbagai mesin pencari, antara lain: http://bblmedia.com/addurl.html/, http://freewebsubmission.com/, dan lain-lain.

Membuat Artikel dan Tautan
Artikel merupakan cara yang bagus sekali untuk memberikan informasi serta materi yang berkualitas kepada para pembaca dan juga untuk membangun merek serta mempublikasikan diri Anda sebagai seorang ahli. Gunakanlah kata-kata kunci yang sama dengan kata kunci yang Anda pakai pada website Anda, baik pada judul artikel maupun isi artikel. Pada artikel tersebut, masukkan tautan-tautan yang mengarah pada website Anda dengan menggunakan kata kunci. Pada akhir artikel, tulislah nama Anda dan nama website Anda. Berikut ini adalah beberapa website di mana Anda bisa menulis artikel Anda. Perlu Anda ketahui, website-website seperti ini merupakan tempat singgah favorit mesin pencari untuk membuat index.
http://goarticles.com
http://articledashboard.com
http://articlepros.com
http://ezinearticles.com
http://articlecity.com
http://docstoc.com
http://scribd.com
http://selfgrowth.com

Anda bisa mempelajari lebih lanjut cara mendatangkan traffic menggunakan ezine articles di Super Traffic Rush. Selain menulis artikel pada website-website di atas, Anda juga bisa menulis artikel pada blog pribadi. Membuat blog merupakan cara yang efektif untuk menambah tautan-tautan yang mengarah ke website Anda. Blog juga merupakan tempat singgah favorit mesin pencari untuk membuat index. Selain melalui blog pribadi, untuk meningkatkan jumlah tautan Anda bisa saling bertukar tautan dengan website yang lain. Coba saja hubungi pemilik website dimana Anda akan menaruh tautan dan mintalah agar ia menaruh alamat website Anda di websitenya dan sebagai gantinya Anda juga akan menaruh alamat websitenya di website Anda.

Viral Marketing
Viral marketing merupakan cara promosi atau pemasaran yang dilakukan dengan cara menyebarkan pesan tertentu. Viral marketing biasanya dilakukan dengan menyebarkan ebook gratis yang berisi tautan-tautan ke website tertentu. Anda bisa belajar lebih dalam mengenai viral marketing di allaboutviralmarketing.com. Anda bisa membuat viral ebook di viralebookexplosion.com.

Traffic Exchange
Traffic exchange merupakan cara promosi yang dilakukan dengan bergabung di website traffic exchange. Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan website, banner dan teks yang memiliki tautan ke website Anda. Kemudian Anda harus melihat website orang lain untuk mendapatkan kredit agar website, banner, dan teks Anda bisa dilihat orang lain. Pekerjaan ini sangat menyita waktu Anda, oleh karena itu lebih baik kalau Anda meng-upgrade keanggotaan Anda untuk mendapatkan kredit yang lebih banyak sehingga website, banner, dan teks Anda tetap bisa dilihat orang lain apabila Anda tidak memiliki waktu untuk berselancar (surfing). Ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan agar promosi Anda di website traffic exchange memberikan hasil yang maksimal, yaitu sebagai berikut:

Gunakan splash page, yaitu halaman website yang pendek, bisa di-upload dengan sangat cepat, dan dalam hitungan detik bisa membuat orang yang melihatnya merasa penasaran dan langsung mengklik tautan (link) yang tersedia. Tautan (link) tersebut akan menampilkan halaman website Anda yang sesungguhnya. Anda bisa membuat splash page secara gratis di adkreator.com.

Produk yang Anda tawarkan sebaiknya berhubungan dengan cara mendapatkan kunjungan (traffic), karena setiap orang yang menjadi anggota website traffic exchange adalah orang-orang yang ingin meningkatkan jumlah kunjungan (traffic) ke website mereka.

Pantaulah hasil yang Anda dapatkan agar Anda mengetahui website traffic exchange mana yang mendatangkan kunjungan ke website Anda. Anda bisa menggunakan TE Toolbox untuk memonitor alamat webisite (URL) yang Anda daftarkan di website traffic exchange. Bergabunglah dengan Traffic Hoopla, untuk membangun jaringan traffic exchange Anda cukup melalui satu tempat saja.

Memasang Iklan Banner
Banyak sekali website yang menyediakan tempat untuk memasang iklan banner. Ada yang harus membayar, namun ada juga yang hanya meminta untuk melakukan pertukaran iklan banner, yaitu Anda memasang iklan banner di website orang lain dan sebagai gantinya orang tersebut boleh memasang iklan banner di website Anda. Untuk membuat banner Anda bisa melakukannya secara online. Website yang menyediakan layanan pembuatan banner secara gratis misalnya adkreator.com dan instantbannercreator.com. Namun, kedua website tersebut tidak menyediakan animasi maupun efek yang lengkap. Untuk membuat banner dengan animasi maupun efek yang lebih menarik Anda bisa membuatnya di bannersnack.com namun untuk mendownload banner yang telah Anda buat Anda harus membayar.

Classified Ads atau Iklan Baris
Classified ads atau iklan baris merupakan cara yang bagus untuk mendatangkan pengunjung, tentu saja tergantung bagaimana Anda menyusun kata-kata yang menarik. Classified ads atau iklan baris ada yang harus membayar dan ada yang gratis. Berikut ini adalah beberapa website classified ads atau iklan baris gratis dan berbayar yang dapat Anda gunakan. Anda harus membaca terlebih dahulu ketentuan pada website tersebut karena ada website yang memiliki ketentuan tertentu mengenai iklan apa saja yang diperbolehkan.
http://usfreeads.com
http://classifiedsforfree.com
http://adpost.com
http://theadnet.com
http://freeadvertisingforum.com
http://forumiklan.com
http://iklanads.com
http://iklanbaris.detik.com

Opt-in Email
Opt-in email adalah istilah yang digunakan ketika pengunjung diberikan pilihan untuk menerima atau berlangganan email-email yang isinya bisa berupa informasi mengenai topik tertentu maupun iklan mengenai produk dan jasa. Dengan menggunakan opt-in email Anda dapat melakukan email marketing tanpa dituduh melakukan spam. Website-website yang menyediakan layanan email marketing antara lain http://getresponse.com dan http://aweber.com.

Email Pribadi
Selain melalui opt-in email, Anda bisa menggunakan email pribadi Anda sebagai sarana untuk mempromosikan website Anda, yaitu dengan membuat email signature yang mengandung tautan ke website Anda. Pelajari cara mendatangkan traffic dengan email signature di Super Traffic Rush.

Forum atau Grup Diskusi
Forum atau grup diskusi merupakan cara yang efektif untuk menyebarkan berita. Akan tetapi, Anda jangan mendaftar pada sebuah forum atau grup diskusi dan langsung melakukan promosi atau beriklan karena Anda bisa langsung dikeluarkan dari keanggotaan forum atau grup diskusi tersebut. Kecuali forum atau grup diskusi tersebut memperbolehkan anggotanya untuk melakukan promosi atau memasang iklan.

Kuncinya adalah Anda harus berpartisipasi aktif pada forum atau grup diskusi, ikutilah diskusi-diskusi yang ada dan berikan nilai tambah kepada anggota yang lain dengan informasi yang Anda miliki. Hal ini bertujuan untuk membangun hubungan dan sekaligus reputasi Anda sehingga terbentuklah kepercayaan.

Ketika Anda sudah mendapat kepercayaan dari anggota-anggota yang lain, Anda bisa sedikit demi sedikit mengenalkan produk dan/atau layanan yang Anda miliki, misalnya dengan memasukkan tautan ke website Anda pada setiap akhir tulisan yang Anda buat. Pada saat ini, orang akan lebih bisa menerima apa yang Anda rekomendasikan.

Ingatlah untuk membaca terlebih dahulu ketentuan forum atau grup diskusi sebelum Anda mulai memasang iklan. Patuhilah ketentuan yang ada, kalau tidak diperbolehkan memasang iklan maka Anda harus menghormati ketentuan tersebut. Jadi, pilihlah forum atau grup diskusi yang memperbolehkan Anda melakukan promosi atau memasang iklan.

Berikut ini beberapa forum atau grup diskusi yang dapat Anda kunjungi:
http://moneymakergroup.com
http://talkgold.com/forum
http://thehyipforum.com
http://teneric.co.uk/forums/index.php
http://groups.google.com
http://groups.yahoo.com

Website Jejaring Sosial
Website atau situs jejaring sosial merupakan website yang sangat digemari orang. Jumlah penggunanya sangat banyak, dan sekarang website jejaring sosial sudah dapat diakses melalui telepon genggam atau handphone. Kepopuleran website jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan website Anda, baik dengan membuat status yang mengandung link ke website Anda, membuat notes ataupun dengan memasang iklan pada website jejaring sosial tersebut.

Program Afiliasi
Program afiliasi merupakan salah satu cara mempromosikan website/produk/jasa yang Anda miliki melalui kerjasama dengan orang lain dalam mempromosikan website/produk/jasa yang Anda buat. Sebagai imbalan, untuk setiap produk dan/atau jasa yang terjual oleh partner Anda, maka Anda harus memberikan komisi kepadanya. Salah satu tempat terbaik untuk menjual produk/jasa Anda dengan program afilasi adalah ClickBank.

Google Adwords
Google adwords merupakan layanan pemasangan iklan di Google. Anda dapat mempelajarinya lebih lanjut di website Google Adwords.

Cara promosi website yang dijelaskan di atas bisa Anda lakukan dengan biaya yang minim bahkan banyak yang gratis kecuali untuk pemasangan iklan di Google Adwords. Ingat, jangan mengharapkan hasil dalam semalam. Cara promosi website apapun yang Anda gunakan, walaupun cara promosi website gratis, yang penting Anda harus melakukan promosi terus menerus agar semakin banyak tautan ke website Anda sehingga hasilnya akan segera terlihat.

Semoga berhasil!
Previous Post Next Post