Setting Speedy agar Browsing Cepat

Bagaimana cara setting modem dan PC yang baik agar koneksi Speedy jadi lancar?

  • Pergunakan modem yang branded,  modem sangatlah berpengaruh dalam stabilitas koneksi.
  • Sinkronisasi modem dengan server normalnya sekitar 2 menit, jika lebih dari 5 menit belum dapat sinyal DSL (indikator LED ADSL di modem blinking), berarti kualitas jaringan telepon kurang baik, laporkan ke 147 katakan DSLnya blinking.
  • Jika sudah tidak blinking, cek koneksitas Speedy, apakah sudah terhubung dengan baik. Coba cek Speed yang diterima disisi modem (lihat di modem –> ADSL status) menunya berbeda- tiap modem. Jika angka ini tidak sesuai dengan paket yang kita pilih atau suka drop kecepatannya, lapor ke telkom lewat 147, berarti kabel / jaringan teleponnya kurang baik.
  • Pada moden jenis tertentu, diperlukan perubahan MTU di setting koneksi modem menjadi angka yang lebih kecil agar koneksi lebih stabil, tandanya MTU tidak pas adalah browsing tidak lancar, namun untuk fungsi-fungsi lainnya (POP3, FTP, Ping) lancar.
  • Pilih tipe DSL di modem sesuai jenis DSL yang ditawarkan (biasanya memakai multimode atau ADSL2+) cukup stabil untuk layanan Speedy.
  • Pemakaian PC di rumah sangat menentukan jenis modem yang harus dipakai. Jika modem disharing oleh banyak PC, sebaiknya menggunakan modem yang durabilitasnya tinggi, minimal menggunakan modem yang sudah diakui mereknya.
  • Jenis koneksi dari modem ke komputer juga mempengaruhi, koneksi menggunakan kabel UTP umumnya lebih stabil dibandingkan menggunakan WiFi, apalagi jika sharing lebih dari 1 PC.
  • Jika komputer yang terhubung dengan modem lebih dari  satu, ada baiknya menggunakan setting routing (dimana username & password disimpan di modem). Koneksi metode bridging lebih cocok dipakai untuk pemakaian seperti dial-up, dimana setiap kali ingin terhubung harus melakukan dial-up ke server Speedy.
  • Jumlah komputer/laptop yang terhubung ke modem disarankan kurang dari 3 koneksi, dan pemakaian akses wajar (browsing wajar, bukan download file besar secara bersamaan), untuk pemakaian tinggi disarankan untuk upgrade ke kecepatan yang lebih tinggi atau menggunakan 2 koneksi Speedy.
  • Jika modem dihubungkan dengan perangkat Wi-Fi, jangan lupa untuk mengaktifkan mode security di Wi-Fi nya,minimal untuk memblok laptop lain yang tidak diperkenankan, semakin banyak yang memakai jalur Speedy, kecepatan akan semakin menurun.
  • Perhatikan akses yang dituju, koneksi ke dalam negeri relatif memberikan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan akses ke luar negeri.
  • Cari juga waktu-waktu yang sekiranya akses paling cepat. Biasanya setiap daerah memiliki kecepatan akses berbeda-beda. Kalau saya menggunakan Speedy di pagi hari, koneksi lebih cepat dibandingkan siang/sore hari.
  • Jika paket Speedy yang dipilih adalah paket Limited, direkomendasikan untuk memutuskan listrik (adaptor) dari stop kontak, untuk mengurangi risiko overquota, terutama untuk yang mengambil paket berbasis waktu. Walaupun tidak dipakai, namun sinkronisasi dari modem ke server akan mengurangi kuota, walaupun sedikit untuk usage based, namun untuk time based akan sangat signifikan pengurangan quotanya.
  • Untuk pelanggan dengan paket unlimited, walaupun tidak masalah dalam pemakaian, namun daya tahan modem harus diperhatikan. Pemakaian Speedy secara terus menerus 24 jam sehari, 7 hari seminggu lambat laun akan berpengaruh pada daya tahan modem. Sebaiknya memasang perangkat timer yang otomatis mematikan listrik ke modem beberapa jam dalam sehari, agar modem awet. Jika terpaksa ON terus menerus, ada baiknya menyimpan modem cadangan. Setiap hari, modem dipakai secara bergiliran.
  • Untuk modem jenis tertentu yang sudah sedikit high class, biasanya ada setting automatic disconnect jika selama beberapa menit tidak ada aktifitas ke internet.

Demikian, semoga bisa surfing dengan lebih cepat memakai Speedy.
Previous Post Next Post